Manfaat dan Khasiat Buah Duku untuk kesehatan



Ada yang belum tahu tentang buah duku ?
Sekarang saya akan membahas tentang buah duku tersebut.
Buah duku merupakan salah satu buah yang satu tahun sekali menghasilkan buah, pohon duku tumbuh di tempat yang curah hujannya tinggi ditempat seperti itu pohon duku akan tumbuh subur.

Buah duku memiliki kemiripan buah seperti buah langsat, pisitan dan lain-lain.
Bauh ini memiliki bentuk yang bulat berwarna agak kuning keputihan, dan pasti rasanya ada manis dan ada yang rasanya asam manis namun tetap nikmat dan enak. Apalagi pada saat musim panas akan terasa lebih segar dan nikmat saat menikmati buah duku bersama keluarga.

Apa saja kandungan gizi yang terdapat di dalamnya ?
Ternyata buah duku memiliki kandungan gizi yang cukup bernanfaat bagi kesehatan tubuh kita, apa saja kandunganya ?
Dalam 100 g buah duku terdapat kalori sebesar 7 kkal, zat besi 0,9 mg, protein 1,0 gram, karbohidrat 13 gram, lemak 0,2 gram, mineral 0,7 gram dan masih banyak lainnya.
Kandungan kalori yang terdapat pada buah ini ternyata mempunyai kadar yang lebih tinggi jika dibandingkan denga jeruk manis maupun apel. Buah duku juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bersifat sebagai anti oksidan. Buah duku juga mengandung lanzones, sehingga mampu memberikan perlindungan terhadap sistem pencernaan.

Dari kandungan gizi di atas , apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita ? sebagai berikut manfaatnya buah duku :

     1.       Mencegah Penuaan Dini
Kegunaan buah duku salah satunya adalah mencegah penuaan dini. Salah satu faktor penyebab penuaan dini yaitu radikal bebas.  Seperti kandungan buah duku yang mengandung vitamin C sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin C juga bermanfaat melindungi protein lipid, asam nukleat dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.

     2.       Menurunkan Berat Badan
Buah duku tidak disangka ternyata bisa juga digunakan untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnetine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak itu harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak tubuh akan terasa lelah dan kurang energi. Jadi jika carnitine dalam tubuh berkurang akan terjadi penimbunan lemak, buah duku itu juga bisa dikomsumsi dengan manfaat apel bagi yang tengang menjalani program diet.

     3.       Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit
Buah duku tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kulit seperti mengatasi jerawat, menghaluskan kuliit, hingga mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga. Caranya yaitu hanya dengan menggosokan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.

     4.       Menjaga kesehatan Gusi dan Mulut
Tentunya hal ini erat kaitanya dengan manfaat yang terkandung di dalam buah duku yaitu vitamin C. Jadi vitamin C akan berperan aktif untuk menjaga kesehatan gusi kita. Kekurangan vitamin C akan mengakibatkan gusi berdarah, selain itu vitamin C akan menjaga permeabilitas lapisan sel yang ada pada gusi dan mulut. Hal ini dapat bermanfaat untuk pencegahan sariawan. Selain itu kandungan fosfor yang terdapat pada duku, juga dapat membantu dalam memperkuat gigi. Dijamin gigi akan tetap sehat jika dikonsumsi secara teratur.

     5.       Melancarkan Sistem Pencernaan
Buah duku memang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yaitu 2 gram per 100 gram buah. Karena kandungan seratnya tersebut, sangat layak jika buah manis ini dijadikan obat untuk memperlancar pencernaan.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah duku yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, jadi lah orang yang memanfaatkan buah secara cukup dan tidak berlebihan agar manfaat yang di dapatkan menjadikan tubuh kita menjadi sehat.

Semogaa bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments

  1. ada permainan seru yang menanti anda untuk memenangkan hadiah nya hingga jutaaan rupiah..
    ayo segera daftar kan diri anda di ionqq*co.m
    pin BB : 58ab14f5

    ReplyDelete