5 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan tubuh



manfaat buah nanas
(buah nanas bermanfaat untuk kesehatan)
Nanas adalah salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis, buah nanas yang berbentuk seperti mahakota yang ada diatasnya. Nanas memiliki kulit yang kasar dan daun yang memanjang dan memiliki sisi lumayan tajam.

Buah nanas pada umumnya berwarna kuning jika sudah matang, tapi ada pula yang kulitnya masih bewarna hijau. Buah nanas sangat cocok dikonsumsi pada saat siang hari yang terik akan lebih terasa segar dan bisa juga dijadikan minuman seperti jus nanas dan masih banyak lainnya.

Apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada buah nanas ?

Nah, nanas ternyata kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magenesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat.
manfaat buah nanas


Dari kandungan nutrisi yang terdapat pada buah nanas, maka apa saja manfaatnya yang dapat diserap oleh tubuh untuk kesehatan. Sebagai berikut :

      1.       Mengatasi Perut Kembung
Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelin juga efektif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinutisis.

      2.       Menjaga Kesehatan Tulang
Mineral mangan yang terkandung dalam buah nanas berkhasiat untuk memperkuat tulang, membantu pertumbuhan dan perbaikan tulang. Kandungan mineral mangan dalam buah nanas ini bahkan bisa mencapai 70% yang dibutuhkan manusia setiap hari.

      3.       Mencegah Kanker Usus
Makan buah nanas untuk pencernaan sangatlah bagus untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid. Buah nanas juga mampu menangkal radikal bebas yang kuat akan penyebab pertumbuhan kankernya.

      4.       Menyehatkan Mata
Nanas tinggi kandungan vitamin C yang turut berperan untuk menjaga kesehatan mata. Studi juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin C dapat membantu menurunkan risiko katarak, salah satu penyakit pengabur penglihatan.

      5.       Mengatasi Rasa Nyeri
Hal yang diluar dugaan ternyata nanas segar, jika dibikin menjadi jus minuman yang sangat penting untuk para binaragawan, hal itu disebabkan karena kandungan bromelain yang ada didalamnya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh.

Itulah sederet manfaat yang dapat kita rasakan jika kita mengkonsumsi buah nanas, namun tetap ingat bahwa semua ada takarannya makanlah sesuai dengan kebutuhan tidak terlalu berlebihan. Agar buah nanas yang kita makan memberikan manfaat kesehatan bagi kebugaran tubuh kita.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments