5 Manfaat Durian untuk kesehatan


Durian merupakan salah satu buah yang memiliki aroma yang sangat menyengat di hidung dengan harumnya yang sangat menggoda. Ciri khas dari bentuk buah yang memiliki kulit buah yang berbentuk runcing seperti duri tajam. Durian merupakan salah satu tumbuhan tropis, yang sangat banyak ditemukan di Indonesia.

Tanaman durian yang dapat mencapai ketinggian 25- 50 m tergantung pada jenis pohonnya, pohon durian juga memiliki banir atau akar papan. Pepagan atau kulit kering berwarna cokelat kemerahan.

Buah durian sangat digemari oleh masyarakat pada umumnya karena memang rasanya yang enak dan harum buahnya yang sangat menggoda lidah untuk mencicipinya. Selain dimakan langsung ada pula berbagai makanan yang bahan dasarnya menggunakan buah durian seperti di buat jus durian , cake durian , ketan durian, cendol durian dll.

apakah anda tahu ?
apa saja kandungan gizi yang ada di buah durian tersebut ?
sebagian besar manfaat kesehatan durian bagi tubuh datang dari kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah. Durian kaya akan vitamin C, potasium, asam amino triptofan, asam folat, asam pantotenat, thiamin, riboflavin, niacin, dan B6.

Kandungan buah durian per 100 gram

Sekitar 100 g daing buah durian mampu mencukupi 32 % kebutuhan vitamin C harian. Selain vitamin C, durian mengandung senyawa antioksidan seperti asam kafeat, antosianin, dan quercetin. Mineral penting lain seperti zat besi, kalsium, magnesium, sodium, seng, dan fosfor juga dapat ditemukan dalam durian. Durian pun merupakan sumber karbohidrat, lemak, serat, dan protein yang baik.

Dari kandungan gizi yang dimiliki buah durian, lalu apa saja manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh kita ? sebagai berikut manfaat buah durian bagi kesehatan :

     1.       Menghangatkan Tubuh
Ternyata dengan mengkonsumsi buah durian di malam hari akan membantu menghangatkan tubuh anda. Hal tersebut dikarenakan , tingginya kandungan karbohidrat dan glukosa yang dapat menghangatkan tubuh. Keduan kandungan gizi yang sangat tinggi tersebut yang akan menyebabkan suhu dalam tubuh akan mengalami peningkatan sehingga membuat tubuh kita merasa lebih hangat.

     2.       Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Dalam kandungan buah durian terdapat zat organosulfur, kandungan zat ini yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Bagi anda yang menderita koresterol tinggi, salah satu cara alami terbaik dan alami menurunkan yaitu dengan mengkonsumsi buah durian, namun jangan sampai berlebihan dan pastikan untuk konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

     3.       Mencegah Depresi
Meskipun terdengar aneh, tetepi ternyata dari hasil penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi buah durian dapat bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan tingkat depresi. Hal tersebut dikarenakan, di dalam buah durian mengandung trytophan yang sejenis dengan zat asam amino yang dapat berubah menjadi seretonin di dalam otak. Seretonin ini adalah suatu zat kimia yang di hasilkan oleh otak untuk menjadikan tubuh orang menjadi tenang dan rileks. Otak biasanya akan menghasilkan zat tersebut pada saat otak mendapatkan rangsangan positif ketika sedang merasa bahagia.  

     4.       Pengontrol Diet Alami
Buah durian juga sangat cocok untuk dikonsumsi untuk kamu yang memiliki masalah pada berat badan yang berlebihan, dan sedang menjalankan program diet. Karena buah durian mengandung karbohidrat sekitar 20%-30% sehingga dengan mengkonsumsi durian akan membuat anda menjadi merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Dengan demikian anda akan dapat menjalankan diet sehat dengan baik.

     5.       Membantu atasi disfungsi seksual
Ada beberapa studi yang mengatakan, bahwa durian mampu mengintensifkan libido dan stamina seks, mengurangi kemungkinan infertilitas pada pria dan wanita, dan meningkatkan mitilitas sperma.

Itulah beberpa manfaat yang terkandung di dalam buah durian yang bermanfaat bagi tubuh kita, namun perlu diperhatikan pula bahwa saat mengkonsumsi buah durian harus sesuai aturan dan tidak memakan secara berlebihan agar terhindar dari efek samping yang tidak diharapkan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments


  1. mari bergabung dan bermain di ion QQ-com , ada bonus rolingan 0,3 % dan referal hingga 20 % menanti anda
    pin bb : 58ab14f5

    ReplyDelete