5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan


Salak salah satu buah yang tidak asing di telinga kita, pasti semua orang tau apa itu buah salak. Buah yang berbentuk kerucut memiliki kulit yang kasar agak tajam jika kita tidak bisa berhati-hati bisa terkena goresan dari kulit salak tersebut.

Salak memiliki berbagai jenis nama salak yaitu salah satunya seperti salak ambarawa, salak bali, salak pasir, salak banjarnegara dll. Salak ialah salah satu buah yang rasanya manis-manis agak sepat tetapi ada juga yang sangat manis namun tetap nikmat untuk di konsumsi.
Buah ini banyak di perjual belikan di pasaran karena memang rasanya yang enak dan bisa langsung dimakan jika sudah matang. Selain dimakan langsung ada pula yang di jadikan manisan, asinan, dan kripik salak.

Selain itu apakah anda tau ?
Banyak yang belum mengetahui manfaat yang terkandung pada buah salak untuk kesehatan tubuh.
Apa saja kandungan gizi di dalamnya ?
·         386 kk energi
·         0,8 gr protein
·         90,3 gr karbohidrat
·         0,4 gr lemak
·         38 mg kalsium
·         31 mg fosfor
·         3,9 mg zat besi
·         8,4 gr vitamin C
·         Serat
·         Vitamin B dan mineral

Selain memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan buahnya yang rasanya enak, ternyata buah salak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita juga. Apa saja manfaatny, sebagai berikut :

     1.    Manfaat buah salak untuk Obat Diare
Kasiat buah salak untuk kesehatan yang sering kita dengar dan mungkin sudah pernah anda coba dirumah. Salah satunya untuk mengobati Diare, karena kandungan serat yang sangat tinggi dapat mempercepat untuk mengobati diare. Salak mengandung tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare. Buah salak ini juga mengandung senyawa yang bisa mengusir bakteri penyebab diare. Jadi ketika kita sedang mengalami diare kita usahakan untuk mengkomsumsi buah salak agar diare cepat terobati
     2.    Manfaat buah salak untuk kesehatan Mata
Salak juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata kita. Kandungan betakaroten pada salak dapat menjaga kesehatan mata kita. Bahkan kandungannya sampai 5,5 kali besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka, wortel, tomat dan mangga. Jadi jika kita tidak menyukai wortel, bisa menggunakan salak sebagai buah alternatif memenuhi kebutuhan kesehatan mata. Manfaat salak yang didukung dengan kandungan vitamin A yang ada dalam buah ini.
     3.    Manfaat buah salak untuk meningkatkan kecerdasan Otak
Berdasarkan hasil penelitian, buah salak mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak.
     4.    Manfaat buah salak untuk Diet
Siapa sangak ternyata buah salak bisa digunakan untuk diet ? kandungan fitonutrien pada buah salak ternyata sangat bermanfaat untuk kita yang sedang menjalakan program diet, kandungan karbohidrat yang cukup tinggi mampu untuk menahan lapar ketika sedang menjalankan program diet. Maka jika ingin melakukan program diet agar lebih berhasil bisa mencoba mengkonsumsi buah salak dengan rutin.
     5.    Manfaat buah salak untuk Ibu Hamil
Buah salak juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Rasa mual yang sering kali dapat diatasi dengan mengkonsumsi salak. Namun jangan pula berlebihan memakannya, harus pula diseimbangi dengan makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan.
Pada saat mengkonsumsi buah salak usahakan jangan membuang kulit arinya yang tipis tersebut, karena kulit arinya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jika kita memakan langsung dengan kulit arinya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments

  1. In1 y4ng di tunggu" guys| I0nqq t3lah m3ngh4dirkan g4me baru B4ND4R P0K3R (N3w G4m3)|
    4nda mau menjadi b4ndar|sil4k4n d4ft4r di www*i0nqq*c0m|p1n bb:*58ab14f5*

    ReplyDelete