Unik, ternyata Buah Buni atau Wuni bermanfaat untuk Kesehatan


(buah buni atau wuni untuk kesehatan)
Apakah anda tahu tentang buah yang namanya buni atau wuni, yang sering kali orang di jawa kenal. Buah yang satu ini cukup unik karena sering ditemukan ditempat yang seperti hutan ataupun kebun. Bentuk buah yang kecil bulat dan warna merah keunguan ini rasanya manis asam jika dimakan, namun tetap segar jika dimakan apalagi pas cuaca sedang panas cocok banget lah.

Mungkin buah ini kurang dikenal dalam masyarakat jaman modern saat ini karena memang kebanyakan tumbuh di daerah perkampungan. Salah satu buah yang unik dan mungkin agak susah dicari didaerah perkotaan ini menyimpan sebuah rasa asam manis yang khas.

Dari buah yang kecil mungil ini ternyata ada manfaatnya juga untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja kandungan vitamin yang ada di dalam buah buni atau wuni ini ?

Buah buni atau wuni mengandung energi sebesar 74 kilokalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 17,1 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 66 miligram, fosfor 28 mm, dan zat besi 1,2 mm. Selain itu di dalam buah buni atau wuni juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 mm dan vitamin C 80 mm. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram buah buni atau wuni, denagn jumlah yang dapat di makan sebanayak 77%.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah buni atau wuni maka memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh seperti apa, simak manfaatnya sebagai berikut :

     1.       Mengobati Penyakit Sipilis
Meskipun belum dapat diketahui secara pasti tentang riset-riset buah buni, akan tetapi dari segi kandungan buah buni ternyata bisa disimpulkan buah buni sangat bagus untuk mengobati penyakit sipilis.

      2.       Mengatasi Bisul dan gatal-gatal
Buah bunu mengandung anti inflamasi dan diuretik yang dapat mengatasi gatal-gatal pada kulit dan juga bisul. Seperti misalnya gatal karena alergi, gatal karena gigitan nyamuk, bisul, jerawat, dan lain sebagainya. Buah buni bisa sebagai obat luar untuk luka dan gatal-gatal. Cara mengatasi gatal-gatal gunakan daun atau buah bunin haluskan kemudian oleskan pada daerah kulit yang terkena gatal-gatal. Buah buni juga dapat dijadikan obat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

      3.       Menyehatkan Mata
Manfaat buah buni untuk mata sudah jelas didominasi oleh kendungan vitamin A yang baik untuk mata anda. Buah ini bisa anda jadikan buah utama dalam menyehatkan mata, terutama bagi anda yang tidak terlalu menyukai wortel atau sayuran.

      4.       Menjaga Kekebalan Tubuh
Buah buni yang kaya akan gizi sangat bagus untuk tubuh dapat menjaga kekebalan tubuh dan dapat sebagai antioksidan tubuhm mengkonsumsi buah buni saat sesudah selesai melakukan kerja keras atau berat sangat cocok, karena mampu menyegarkan tubuh.

      5.       Meningkatkan Kualitas Darah
Buah buni juga kaya akan zat besi yang akan meningkatkan produksi sel darah merah. Karena kandungan vitamin C yang melimpah, juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan apa saja manfaat dari buah buni atau wuni ini. Sekarang anda bisa mencoba mengkonsumsi untuk kebutuhan kesehatan anda dan ingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu agar manfaat yang didapatkan akan memberikan efek yang positif untuk tubuh.

Semoga bermanfaat.


Post a Comment

1 Comments

  1. ingin mendapat kejutan setiap hari nya,,, mari gabung di ionqq'net| ada kejutan menarik loh di bulan september ini
    jangan sampai terlambat ya|line : ionqq

    ReplyDelete