Mantap, 5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan


manfaat buah manggis
(buah manggis untuk kesehatan tubuh)
Buah mangis adalah salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis, buah ini berwarna merah keunguan jika sudah matang. Rasa buah manggis yang segar dan enak sangat di gemari oleh masyarakat pada umumnya, buah ini juga disebut sebagai ratunya buah berpasangan dengan buah durian yang disebut rajanya buah.

Buah manggis seringkali dapat disajikan dalam bentuk segar, sebagai buah kaleng , dibuat sirup atau sari buah. Secara tradisional buah manggis sering digunakan oleh masyarakat untuk mengobati beberapa penyakit, dari buah dan kulitnya yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan.

Lalu apa saja kandungan nutrisi yang ada pada buah manggis tersebut ?

Buah manggis merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium yang tinggi. Manggis pun mengandung vitamin B kompleks seperti tianim, niacin, dan asam folat dalam jumlah sedang.
manfaat buah manggis untuk kesehatan
Beragam nutrisi yang terkandung dalan buah manggis memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, simak khasiat dari buah manggis sebagai berikut : 

     1.       Mencegah Batu Ginjal
Ternyata dengan mengkonsumsi buah manggis secara teratur akan memberikan efek buang air kecil secara rutin. Maka dari itu dapat disimpulkan dengan mengkonsumsi buah manggis tentu dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal.

      2.       Mengatasi Kanker
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kritsnawong berhasil mengungkapkan bahwa alfa-mangostin yang diekstrak dari buah manggis mampu untuk menghambat terjadinya kanker payudara. Hal ini dikarenakan alfa-mangostin memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel yang abnormal penyebab perkembangan kanker. Umumnya alfa-mangostin ini, dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan.

      3.       Obat sariawan
Ternyata sariawan pun dapat diatasi dengan cara merebus kulit manggis, sari kulit manggislah yang dapat menyembuhkan sariawan karena manggis kaya akan vitamin C.

      4.       Menurunkan Berat Badan
Selain manfaat diatas, buah manggis juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan xanthone yang selain dapat mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung, senyawa ini juga bermanfaat untuk melunakan sel-sel membrane yang telah membesar serta mengeras yang bersamaan dengan besarnya tubuh manusia.

     5.       Menjaga kesehatan dan kecantikan
Kandungan antioksidan yang lebih tinggi di bandingkan kandungan vitamin C dan vitamin E, yang memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk kecantikan.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dari buah manggis yang luar biasa ini. Sudah saatnya anda coba untuk memasukan bauh manggis kedalam daftar menu buah-buahan anda. Agar manfaat buah manggis dapat anda rasakan untuk kesehatan anda, ingat jangan berlebihan untuk mengkonsumsi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments