5 Manfaat dan Khasiat Buah Kendondong untuk kesehatan


manfaat buah kedondong
(khasiat buah kendondong)
Kendondong merupakan salah satu buah yang lebih mirip dengan buah mangga, karena memang masuk dalam suku mangga-manggaan bentuknya yang bulat dan berwarna kehijauan. Kendondong buah yang bisa dimakan secara langsung dalam kondisi baru petik, namun ada pula yang dijadikan olahan seperti asinan, rujak, acar dan bahkan menjadi selai.

Tektur buah kendondong yang agak keras tetapi renyah saat di kunyah, memiliki rasa yang agak asam. Namun masih banyak orang yang gemar mengkonsumsi buah ini, Karena selain enak dikonsumsi ternyata baik pula untuk kesehatan.

Apa saja kandungan gizi di dalamnya ?

Meskipun kendondong memiliki rasa identik dengan asam, tetapi buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut terjadi dikarenakan buah kendondong memiliki banyak senyawa alami, serta bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Seperti energi 40 kkal, protein 1 mg, lemak 0,1 gr, katbohidrat 10,3 mg, kalsium 15 mg, fosfor 22 mg, zat besi 3 mg, vitamin A 233 UI, vitamin B2 0,8 mg, serta vitamin C 34 mg.
Nah itu lah kandungan yang terdapat dalam buah kendondong, banyak juga yah. Lalu apa saja manfaat yang di dapatkan jika mengkonsumsi buah kendondong untuk kesehatan tubuh kita. Ini dia beberapa manfaat yang dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh kita. Sebagai berikut :

     1.       Mengatasi Diare 
Ternyata kendondong yang kita konsumsi sangat ampuh untuk mengatasi masalah diare, hal ini karena buah asam yang satu ini punya kandungan anti bakteri yang biasa membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh, termasuk bakteri yang ada pada pencernaan pemicu diare.

     2.       Mengobati luka bakar
Buah kendondong mampu menyembuhkan luka bakar. Getah yang terdapat pada kulit buah ini bisa menutup luka lebih cepat. Selain itu, pada buah kendondong tersimpan kandungan vitamin A dan C yang mampu mempercepat regenerasi sel kulit. Anda hanya perlu untuk mengkonsumsi bauh ini setiap hari secara teratur.

     3.       Obat Penyakit Jantung
Kandungan kalsium di dalam buah kendondong dapat memelihara pembuluh vena dan arteri pada jantung. Kalsium juga dapat menghabat penebalan pada kedua pembuluh darah itu. Selain itu, dengan kandungan kalsium yang tinggi, jantung akan lebih mudah menerima oksigen yang dibersihkan di paru-paru.

     4.       Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi 
Dalam kandungan buah kendondong terdapat fosfor yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, dengan mengkonsumsi buah kedondong.

      5.       Membantu Menurunkan Berat Badan
Selain dapat menjaga kesehatan tubuh untuk pencernaan, serat menjadi asupan wajib bagi yang sedang melakukan diet. Oleh karena itu, kendondong juga membantu menurunkan      berat badan karena kandungan serat di dalamnya.

Itulah beberapa manfaat buah kendondong bagi kesehatan tubuh kita, masih banyak yang lainnya loh manfaatnya. Jadi tidak usah ragu lagi jika ingin mengkonsumsi buah kendondong karena banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, tapi ingat jangan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Semoga bermanfaat.



Post a Comment

1 Comments

  1. mari bergabung dan bermain di ion QQ-com , ada bonus rolingan 0,3 % dan referal hingga 20 % menanti anda
    pin bb : 58ab14f5

    ReplyDelete